Apa Yang Harus dilakukan Ketika Anak Menangis?

In eduMom

Edusiana.com- Halo ibu-ibu yang cerdas jumpa lagi dengan edusiana, pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai bagaimana cara menyikapi anak yang sedang menangis. Kenapa demikian ternyata anak menangis itu penyebabnya macam-macam sekali.

Penyebab Anak Menangis

Setiap anak menangis tentunya ada sebabnya, nah sebab anak menangis itu sendiri pasti berbeda-beda namun paling tidak disini saya akan membahas mengenahi hal-hal yang sering terjadi / menyebabkan anak menangis. Berikut penyebab anak menangis menurut versi edusiana:

  1. Keinginan anak tidak terpenuhi

Ya namanya juga anak-anak, tiap menginginkan sesuatu pasti yang ada meminta orang tua atau siapa saja yang dirasa sudah akrab dengan anak. Nah, yang sering terjadi kadang kita sebagai orang tua tidak selalu bisa menuruti segala keinginan anak kita. Walaupun terkadang kita memang sengaja tidak memenuhi keinginan anak kita dengan alasan hal yang dimintanya belum waktunya diberikan atau apa yang diinginkannya tidak bagus untuk kesehatannya, ambil contoh ketika anak kita sukanya jajan makanan instan yang tentunya tidak bagus untuk kesehatannya, tentu sebagai orang tua tidak akan membiarkan anaknya memakan makanan yang tidak sehat itu walaupun resikonya anak bisa menjadi menangis.

  1. Anak sedang tidak enak badan / sakit

Jangankan anak-anak, kita sebagi orang tua saja kalau sedang mengalami sakit atau tidak enak badan pasti sangat membosankan. Begitupula dengan anak yang sedang sait dan tentunya daya tahan tubuh anak dengan orang dewasa pasti berbeda. Jika orang tua bisa menahan rasa sakit lebih kuat, anak terkadang jika sedang sakit yang biasa terjadi anak menjadi rewel atau sering menangis.

  1. Anak sedang mengalami ketakutan

Ketakutan anak kadang melebihi ketakutan orang dewasa, karena seorang anak yang masih kecil cara berfikirnya belum dapat seperti orang tua. Anak kecil cenderung lebih memikirkan apa yang sedang dialami, berbeda dengan orang dewasa yang sudah dapat merasinalkan segala sesuatu yang ada. Selain itu orang tua juga memiliki mental yang sudah cukup bagus dibanding anak-anak.

Yang Harus dilakukan Ketika Anak Menangis

Jika anak kita menangis apa yang harus kita lakukan sebagai orang tua anak? berikut ini beberapa cara atau hal yag dapat dilakukan ketika anak menangis, mari kita simak menurut versi edusiana:

  1. Mencari tahu alasan anak menangis

Anak yang sedang menangis tentu sulit untuk diajak berbiacara, namun kita sebagai orang tua harus mampu mengambil hati sang anak, nah jika hal tersebut sudah dapat kita lakukan tentunya untuk membuat anak tidak menangis lebih mudah, tentunya dengan menyikapinya lebih lanjut.

  1. Mencari solusi yang terbaik

Jika anak sudah mau diajak ngobrol, mau ditanya kita kemudian mencari langkah-langkah pemecahan masalah agar anak dapat berhenti menangis, dan yang tidak kalah penting adalah tindakan yang terakhir,

  1. Memberi pengertian kepada anak

Tindakan yang terakhir yaitu memberi pengertian kepada anak mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan anak. Dengan memberi pengertian secara logis maka anak pasti akan mudah menerima apa yang sedang dihadapinya.

Demikina beberapa pengertian menurut edusiana, semoga dapat bermanfaat bagi para orang tua cerdas, salam anak ceria salam orang tua cerdas…!!!

Tips Aman dari Gempa dan Cara Menyelamatkan diri yang Aman
Tips Aman dari Gempa dan Cara Menyelamatkan diri yang Aman
Tips Aman dari Gempa Berikut ini adalah
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato
Cara Agar Gorenga Tetap Renyah dan Crispy I Krispi
Cara Agar Gorenga Tetap Renyah dan Crispy I Krispi
Edusiana.com-gorengan tetap cripsy. Kadang anda pun ragu
Must read×

Top
×