Apakah Benar Kedepanya Guru Baru Harus Mengikuti Program Induksi Guru Pemula

Edusiana.com- Asalam, wr, wb. Bapak / Ibu Guru yang saya hormati mungkin ada beberapa diantara kalian yang sudah tahu dengan apa yang namanya Program Induksi Guru Pemula atau yang biasa disingkat PIGP. Namun bagi yang belum tahu apa sih PIGP, apa tujuan PIGP dan seperti apa program induksi guru pemula (PIGP). Tanpa panjang lebar berikut pembahasan seputar Program Induksi Guru Pemula (PIGP).

Pengertian Program Induksi Guru Pemula

Program Induksi Guru Pemula adalah program orientasi atau kegiatan yang dilakukan guru, pelatihan guru, pemecahan masalah bagi guru pemula didalam suatu sekolah atau madrasah dimana guru tersebut bekerja atau mengajar.

Tujuan Program Induksi Guru Pemula

Tujuannya Program Induksi Guru Pemula yaitu agar guru baru dapat dengan cepat beradaptasi dengan lingungan dan suasana sekolah / madrasah dan dapat melaksanakan pekerjaan sebagai guru profesional di sekolah atau madrasah.

BACA JUGA: Pelaksanaan Program Induksi Guru Pemula

Dasar Hukum Peraturan Program Induksi Guru Pemula (PIGP)

Sesuai dengan Keputusan Pemerintah yaitu:

1. Permenpan No.16 Tahun 2009, yang memuat tentang jabatan fungsional guru dan kreditnya: Pada bagian V tentang pembinaan dan pengenbangan Pasal 30 yaitu pada butir D (Memiliki kinerja yang baik yang dinilai dalam masa program induksi).

2. Permen Diknas Nomor 27 Th. 2010 tentang Program Induksi bagi Guru Pemula

Isi Draf Permendiknas mengenai Induksi Guru yaitu berkaitan dengan berbagai kegiatan diantarannya orientasi, pelatihan ditempat kerja, pengembangan, praktik pemecahan masalah didalam proses pembelajaran bagi guru pemula di sekolah maupun yayasan.

Program induksi ditujukan untuk guru baru, guru CPNS maupun guru yang akan diangkat oleh yayasan. Bagi Guru yang telah lolos dari Program Induksi Guru Baru ini maka akan mendapatkan sertifikat dari dinas, yang kemudian digunakan sebagai syarat untuk dapat lolos sebagai guru yayasan, atau guru pns.

Pembimbing Program Induksi Guru Pemula

1. Guru Senior yang telah mendapatkan SK dari Kepala sekolah

2. Kepala Sekolah maupun,

3. Pengawas Sekolah (jika disuatu sekolah tidak ada Guru senior yang sesuai dengan bidang)

info gempa pacitan dan madiun
info gempa pacitan dan madiun
Pada tanggal 18 februari 2018 telah terjadi gempa bumi yang berdasarkan info dari bmkg berasal dari Jawa Timur.   Gempa bumi terasa dari madiun dan pacitan.Bahkansampaisiyogyakarta getaranya terasa.
info gempa 18 februari 2018
info gempa 18 februari 2018
Telah terjadi gempa bumi pada tanggal 18 februari 2018 pada pukul 01.50. Untuk lokasi dan seberapa besar belum di ketahui, namun yang jelas terasa sampai di jogja. Update dari bmkg, beriku ini keterangannya. Silahkan di share
Info Gempa 23 Januari 2018
Info Pusat Gempa 23 Januari 2018 Berdasarkan
Pengumuman Hasil PLPG ulang 2 Tahun 2017
Pengumuman Hasil PLPG ulang 2 Tahun 2017
Pengumuman PLPG 2017 Mungkin ini lah yang
Must read×

Top
×