Apakah Tempat Tidur Anak Anda Sudah Tepat?

In eduMom

Edusiana.com- Bila kita mempunyai anak lebih dari satu pernahkah anda kesusahan mengenai kamar tidur anak? Hal itu biasanya berkaitan dengan luas ruangan dan posisi kamar yang kurang efektif. Kemudian bagaimana kamar yang efektif untuk anak anda.

Yang paling penting bagaimana kita membuatkan kamar tidur anak dengan tepat tanpa mengurangi kenyamanan namun juga dapat menghemat tempat atau ruangan.

Rumah era modern pada masa ini biasanya ukuran rumah dibuat dengan minimalis. Sehingga untuk menempatkan prabot-prabot menjadi lebih terbatas.

Apa Fungsi Kamar buat Anak?

Perlu kita ketahui bahwa kamar bagi anak sebenarnya tidak hanya sebagai tempat untuk istirahat, namun ada beberapa fungsi lain diantaranya:

1. Tempat tidur atau tempat untuk beristirahat

2. Tempat belajar

3. Tempat bermain

Hal diatas merupakan fungsi pokok dari kamar anak selain fungsi-fungsi yang lainnya. Nah, dari ketiga fungsi pokok tersebut apakah apakah kamar anak anda sudah memenuhi kriteria tersebut? dan apakah fungsi dari ketiga kriteria diatas sudah dapat berfungsi dengan nyaman?

Untuk memaksimalkan fungsi dari kamar itu sendiri tiap orang tua memiliki setingan ruangan masing-masing. Namun dalam memaksimalkan fungsi itu sendiri pasti setiap orang tua juga memiliki kendala-kendala tersendiri untuk memaksimalkan kamar anak.

Apa Kendala dalam Memaksimalkan Kamar?

1. Ruangan yang sempit

Seperti yang telah disampaikan di atas, ruangan sempit merupakan kendala yang sering terjadi pada setiap keluarga. Biasanya untuk mengatasi menggunakan ruangan dengan menggandakan fungsi dari ruangan yang sempit tersebut.

2. Memiliki anak lebih dari satu

Setiap keluarga dalam merencanakan jumlah anak berbeda-beda, ada yang memprogram memiliki anak satu sudah cukup. Namun ada juga yang menginginkan anak lebih dari satu dengan anggapan semakin banyak anak semakin banyak rejeki.

Bagaimana Kamar Yang Baik Untuk Anak?

Kamar yang baik untuk anak bukanlah kamar yang mewah, penuh dengan fasilitas serba canggih. Kamar tidur yang baik sebenarnya cukup dengan memenuhi ketiga fungsi kamar diatas saja sudah lebih dari cukup.

Mengenai kamar atau luas rumah yang sempit dan jumlah anak yang lebih dari satu dapat kita siasati dengan membuat kamar tingkat untuk anak.

Namun ini hanya sebagai alternatif jika memang benar-benar memiliki tempat yang sempit. Kita bisa membuatkan kamar tingkat untuk anak.

Dengan kamar tingkat sebenarnya ada fungsi yang baik untuk anak, diantaranya anak akan lebih komunikatif dengan kakak atau adiknya.

Dalam hal belajar pun seorang adik bisa menanyakan pekerjaan rumah dari guru kepada kakaknya.

Segala sesuatu yang alternatif pastinya ada sisi lain yang kurang maksimal, diaantaranya segi keamanan anak yaitu ketika anak yang berada pada kamar atas anak perlu menaiki tangga untuk dapat sampai pada tempat tidurnya.

Hal ini dapat diatasi dengan memberikan pengarahan bagaimana naik kamar yang aman, selain itu pembuatan tangga dapat dibuat sedemikian rupa agar tidak terlalu tinggi.

Demikian yang dapat saya sampaikan untuk tips memaksimalkan kamar anak dengan lahan sempit namun tidak mengurangi fungsi pokok dari kamar. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, jika da kritik dan saran silahkan sampaikan pada kolom komentar.

Tags: #kamar tidur anak #kamar tidur anak yang baik #kamar tidur yang baik untuk anak #kamar tidur yang tepat #tempat tidur yang tepat

Tips Aman dari Gempa dan Cara Menyelamatkan diri yang Aman
Tips Aman dari Gempa dan Cara Menyelamatkan diri yang Aman
Tips Aman dari Gempa Berikut ini adalah
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato
Cara Agar Gorenga Tetap Renyah dan Crispy I Krispi
Cara Agar Gorenga Tetap Renyah dan Crispy I Krispi
Edusiana.com-gorengan tetap cripsy. Kadang anda pun ragu
Must read×

Top
×