Cara Mengatasi Luka Bekas Air Panas Pada Anak

In eduMom

Edusiana.com- Jangan panik jika anak anda dirumah mengalami luka bekas air panas. Semua bisa diatasi dengan benar jika kita tenang dalam bertindak. Jangan sampai yang seharusnya luka ringan malah menjadi parah karena tindakan kita yang tergesa-gesa.

Penyebab Luka Bakar / Air Panas

Beberapa penyebab luka bakar atau luka air panas yang terjadi pada anak yaiut:

1. Faktor dari anak

Anak menumpahkan air panas yang ada di dekatnnya. Ini sebenarnya bukan karena semata-mata kesalahan anak, kita sebagai orang tua harus dapat meminimalisir resiko-resiko yang dapat membahayakan anak.

Seperti menjauhkan anak dari daerah air panas, menjauhkan anak dari benda tajam, dan benda-benda lainnya yang berbahaya untuk anak (khusus anak yang masih kecil dan belum paham akan bahaya).

2. Faktor Orang tua

Tidak jauh berbeda dengan fator yang pertama, yang menjadi anak dapat terkena luka bakar atau siraman air panas karena orang tua. Ups, jangan di salahkan 100% juga karena hal tersebut terjadi karena ketidak sengajaan.

Tidak mungkin orang tua yang tega menyiram anaknya dengan air panas (kecuali orang tua yang ada permasalahan dengan psikologinya).

Ketidak sengajaan tersebut karena orang tua terburu-buru atau orang tua yang terlalu lelah kemudian tidak sengaja menumpahi anak air panas.

Apapun itu penyebabnya pasti hal semacam ini merupakan hal yang tidak diinginkan oleh semua orang tua, so mari kita jaga anak-anak kita agar terhindar dari hal-hal yang dapat membahayakannya.

Jenis-Jenis Luka Bakar / Air Panas

Memang benar luka bakar atau luka yang terjadi karena siraman air panas merupakan luka yang dapat mengakibatkan melepuh, namun perlu diketahui bahwa luka bakar atau luka bekas siraman air panas tersebut memiliki jenis-jenis yang berbeda, diantaranya:

1. Luka Ringan, yaitu hal yang terjadi biasanya kulit memerah dan bengkak tidak terlalu parah.

2. Luka Sedang atau biasa disebut dengan luka moderat, yaitu hal yang terjadi kulit bagian luar menjadi kemerahan, bengkak dan adanya rasa panas dan nyeri.

3. Luka Parah atau luka berat, yaitu luka yang sampai tahap lapisan kulit dalam, kulit melepuh sangat parah dan bahkan bisa sampai mati rasa.

Cara Menangani / Mengatasi Luka Air panas

1. Jangan Panik

Seperti pernyataan di atas hal yang paling mendasar yaitu ketenangan dalam mengatasi, jangan sampai justru malah memper parah keadaan anak kita.

2. Identifikasi Jenis Penyakit

Jika dirasa luka yang terjadi pada anak ringan kita bisa melakukan penanganan pribadi seperti memeri obat dan salep luka bakar dan sebagainya.

Namun jika luka anak dalam kondisi berat sebaiknya kita bawa ke doketer atau rumah sakit agar dilakukan tindakan medis yang serius.

Penanganan Yang Salah

Kadang karena kepanikan orang tua dalam mengatasi anak yang luka, seringkali justru menimbulkan tindakan yang salah, seperti:

1. Memberi Es atau Merendam di Air Es

Hal ini dianggap dapat menurunkan rasa panas yang dialami anak, namun penanganan ini sebenarnya salah karena luka bakar atau siraman air yang suhunya sangat panas kemudian di beri suhu yang sangat dingin maka dengan perubahan suhu yang drastis akan mengakibatkan luka menjadi melepuh.

2. Jangan Gunakan Pasta Gigi

Banyak orang tua yang menganggap bahwa pasta gigi memiliki kandungan dinggin kemudian orang tua memberi luka pada anak dengan pasta gigi yaitu dengan tujuan yang sama agar panas yang dirasa berkurang, mamun hal tersebut juga salah. Pasta gigi juga tidak cocok jika diberikan untuk luka bakar, rasa dingin akan ada namun efek lain yaitu luka akan melepuh.

Sebaiknya gunakan baha-bahan alami seperti lidah buaya, karena lidah buaya memiliki kandungan yang dapat mendinginkan namun tidak memeri efek memperparah pembengkakan,

3. Jangan diperban

Bedakan luka bakar atau luka bekas siraman air panas dengan luka benda tajam. Jika luka benda tajam kita boleh menggunakan perban dengan tujuan agar pendarahan segera terhenti. Namun jika luka bakar diberi perbah, itu merupakan tindakan yang salah. Dengan memberi perban pada luka bakar atau bekas siraman air panas akan membuat luka susah kering. Yang paling parah dari pemberian perban yaitu perban akan lengket pada luka yang ada, karena luka bakar lebih berair dari luka yang lain.

4. Jangan di Pecah

Luka bakar yang sampai melepuh biasanya sangat tidak enak dipandang, namun jangan dipecahkan hanya karena pandangan yang tidak enak, apalagi tujuannya agar cepat kering itu merupakan tindakan yang salah.

Biarkan luka yang melepuh mengecil dengan sendirinya, agar cepat mengecil kita bisa menggunakan salep luka bakar.

Tags: #anak #luka anak #mengatasi luka air panas anak #mengatasi luka bakar

Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato
Cara Agar Gorenga Tetap Renyah dan Crispy I Krispi
Cara Agar Gorenga Tetap Renyah dan Crispy I Krispi
Edusiana.com-gorengan tetap cripsy. Kadang anda pun ragu
Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing
Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing
Edusiana.com- Cara Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing
Must read×

Top
√ó