DAUR ULANG BOTOL MINUMAN Menjadi Mainan Kodok Lucu

In Tutorial

Mainan tidak selamanya harus mahal, bahkan mainan yang menarik bisa kita buat dengan gratis. Mainan apakah itu? Mainan dengan peralatan yang sederhana dan bahan bekas botol minuman.

Kita bisa mendaur ulang dari limbah botol bekas minuman. Untuk kali ini akan saya ajarkan bagaimana membuat mainan kodok lucu dari botol minuman bekas, namun sebelum kita mulai berikut bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

Daur Ulang Botol

Daur Ulang Botol

1. Botol Bekas Minuman (Botol Plastik)

2. Lem Plastik (Boleh menggunakan lem plastik apa saja / yang penting lem Plastik)

3. Cuter / Alat Pemotong

4. Kain Warna / Bisa juga menggunakan spon ati warna

5. Tutup botol Minuman dan Asesoris mata

6. Gunting

 

Itulah perlatan yang harus anda siapkan terlebih dahulu. Jika semua bahan sudah terkumpul semua mari kita mulai proses pembuatan dari tahap pertama :

 

Tahah Daur Ulang Botol Menjadi Mainan

Tahah Daur Ulang Botol

Pertama
Botol Kita bersihkan dahulu dengan mencucinya dengan detergen dengan tujuan botol bersih dan tidak ada sisa minuman yang bisa mengakibatkan lengket. Kalau sudah kemudian langkah selanjutnya dipotong menggunakan cuter seperti pada gambar pertama.

Kedua
Setelah kedua botol dipotong, maka bagian botol yang akan kita gunakan yaitu botol bagian bawah. Kedua potongan botol tersebut kemudian kita haluskan dengan setria yang sudah dipanaskan. Tujuanya adalah agar ujung botol bekas potongan yang tidak rata menjadi rapi dan rata.

Ketiga
Kita Lem kedua ujung potongan botol yang sudah kita haluskan dengan setrika tadi dengan lem plastik. Boleh menggunakan lem merk apapun yang penting kuat

Keempat
Tempelkan kain perca atau spon ati atau bahan apa saja yang bisa menempel dengan kuat dan tidak kaku. Bahan ditempel pada kedua botol yang telah diberi lem tadi.

Proses 2 Daur Ulang Botol

Proses 2 Daur Ulang Botol

Kelima
Potong kain perca tadi sesuai dengan tepi botol yang telah ditempel kain tadi (usahakan yang rapi agar tidak ada benjolah disekeliling botol. Lakukan pada kedua botol bekas yang telah diberi kain tadi.

Keenam
Pasang Mata pada tutup botol (pemasangan sesuai selera) jika sudah terpasang gunakan lem lagi untuk menempelkan pada ujung botol (sebagai asesoris mata kodok)

Kejutuh
Jika semua mata sudah terpasang, maka kita kaitkan kedua potongan botol bekas tadi, untuk bagian mata di atas, dan potongan yang tidak ada mata dibagian bawah (sebagai badan kodok). Kita bisa menggunakan selotip / perekat apa saja yang penting transparan.

Kedelapan
Mainan kodok lucu berbahan botol bekas sudah jadi, dengan mulut kodok yang bisa dibukak tutup.

Demikian cara membuat mainan lucu berbahan daur ulang sampah versi edusiana.com. Cukup mudah dan cukup irit biaya. Bahkan bisa mengurangi limbah disekitar yang tidak terpakai.

Tags: #daur ulang botol menjadi kerajinan #daur ulang botol menjadi mainan kodok #DAUR ULANG BOTOL MINUMAN Menjadi Mainan Kodok Lucu #daur ulang limbah botol #daur ulang sampah #kerajinan dari daur ulang botol #mainan dari botol

Cara Agar Gorenga Tetap Renyah dan Crispy I Krispi
Cara Agar Gorenga Tetap Renyah dan Crispy I Krispi
Edusiana.com-gorengan tetap cripsy. Kadang anda pun ragu
Cara Kirim File Besar dengan Cepat di Android dengan Share it
Cara Kirim File Besar dengan Cepat di Android dengan Share it
Edusiana.com-  Ini adalah cara terbaru dan cukup
Cara Mudah Membuat Gambar Gerak DP BBM
Cara Mudah Membuat Gambar Gerak DP BBM
Edusiana.com- Jika kemarin saya sudah mengajarkan bagaimana
Mengatasi Pengisian EPUPNS Yang tidak dapat disimpan
Mengatasi Pengisian EPUPNS Yang tidak dapat disimpan
Edusiana.com- Berikut ini adalah cara Mengatasi Pengisian EPUPNS
Must read×

Top
×