Fungsi smartphone dan dampak smartphone ‘handephone’

In eduTec
Guna smartphone, dampak smartphone, dan bagaimana cara menyikapinya

Guna smartphone, dampak smartphone, dan bagaimana cara menyikapinya

Smartphone ataupun Handephone jaman sekarang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia pada saat ini, bisa di ibaratkan nyawa kedua. Ketergantungan ini bisa disebabkan karena memang kepentingan komunikasi seperti bisnis dan sebagainya. Namun, ada juga yang membawa handephone hanya sekedar untuk gaya-gaya, membuka jejaring sosial seperti facebook, twitter, BBM, dan masih banyak yang lainnya.

Fungsi dari handhephone bisa sangat membatu manusia untuk memudahkan dalam berkomunikasi, mencari informasi yang dibutuhkan. Namun Sisi lain dari fungsi tersebut, handephone juga membuat orang menjadi pemalas.

Pemalas dalam arti jika ada kesulitan ataupun ketidak tahuan pasti google yang pertama kali dituju. Padahal tidak semua yang terdapat pada website isi informasi yang kita cari tersebut benar. Karena saat ini keberadaan web juga digunakan sebagai ladang bisnis para blogger untuk mencari pundi-pundi dolar, sehingga kurangnya memperhatikan kualitas konten atau artikel yang disajikan. Prinsip para blogger biasanya mengutamakan kuantitas daripada kualitas, demi tertargetnya postingan artikel kadang artikel yang disajikan hanya copy paste dari artikel web lain.

Bukti informasi dalam web tidak selamanya benar atau akurat isinya yaitu pada saat kita berada di bangku perkuliahan ataupun bangku sekolah. Jika kita membuat karya ilmiah ataupun Skripsi, untuk sumber teori dari internet dibatasi bahkan ada kampus atau universitas yang melarang skripsinya menggunakan sumber internet.

Alasannya karena sumber internet tidak semua artikelnya bisa dipertanggungjawabkan, selain itu sumber data dianggap tidak ilmiah. Namun kebijakan seperti ini tidak diterapkan oleh semua kampus ataupun universitas.

Dampak buruk lainnya, mungkin bagi para guru sering sekali jengkel dengan siswa yang menggunakan handephone dikelas, padahal siswa sudah diperingatkan untuk tidak menggunakan handephone disaat proses pembelajaran. Namun, siswa banyak yang secara sembunyi-sembunyi menggunakan handhephone.

Penggunaan handhephone di sekolah biasanya lebih banyak keburukannya, karena pada saat pembelajaran siswa menggunakan handephone untuk BBM, twitter, facebook dan lainnya. Kadang siswa juga menggunakan handhephone untuk mencari jawaban dari tugas yang diberikan guru, Yang paling parah kadang siswa secara sembunyi-sembunyi menggunakan untuk mencari jawaban ujian.

Karakter siswa era modern ini, semakin dilarang maka semakin menjadi. walaupun siswa disuruh mengumpulkan handephone, namun siswa biasanya memiliki handephone lebih dari satu, sehingga handhephone yang dikumpul hanya satu, dan handephone yang lain disimpan untuk mencari jawaban.

Kesimpulannya yaitu kita boleh menggunakan handhephone atau smartphone namun harus secara bijak, secara wajar, tidak berlebihan. karena handhephone dapat berfungsi dengan baik damun dampaknya juga tidak selamanya bagus.

Bagi yang mempunyai anak baik juga jika kita mengawasi tentang apa yang digunakan dan ditelusuri anak melalui handhephone, sehingga orang tua mengetahui perkembangan dan keadaan anak.

Tags: #daampak smartphone #fungsi smartphone #menyikapi penggunaan smarhone

Apa itu Virus MIO dan Bagaimana Cara Menghapusnya
Apa itu Virus MIO dan Bagaimana Cara Menghapusnya
Edusiana.com – Sudah lama sekali saya tidak menulis artikel
Bantuan Pintasan Keyboard di Facebook
Bantuan Pintasan Keyboard di Facebook
Edusiana.com- Bantuan Pintasan Keyboard di Facebook akan saya
Akun SSH Gratis 2 – 3 November 2015
Akun SSH Gratis 2 – 3 November 2015
Edusiana.com- Berikut ini adalah akun ssh gratis
Akun Open VPN Gratis 1 November 2015
Akun Open VPN Gratis 1 November 2015
Edusiana.com- Bagi anda pecinta Game Online ini
Must read×

Top
×