Jangan Salahkan Anak Jika Anak Malas Belajar

In eduMom

Hai mom, anak anda punya masalah malas dalam belajar? Dalam keluarga pasti memiliki keadaan yang berbeda-beda dan karakter anak pun juga berbeda-beda, namun yang perlu kita ketahui adalah kenapa anak menjadi malas belajar.

Seorang anak janganlah selalu dipojokan, karena anak pun merasa bahwa hidupnya berada dibawah tekanan. Kalau hal tersebut terjadi, wah bahaya banget mom. Tapi tenang, mari kita bahas secara sederhana saja, apa yang menjadi penyebab anak malas belajar dan bagaimana mengatasinya:

Penyebab Anak Malas Belajar

1. Kondisi anak yang sudah lelah

Anak yang sudah lelah dengan kegiatan baik sekolah maupun berbain, tentu sangat berpengaruh dengan kondisi siswa saat belajar. Dengan keadaan seperti ini anak akan malas untuk belajar, disamping itu daya konsentrasi anak akan berkurang. Akibatnya kondisi anak yang terlalu lelah tidak efektif untuk belajar.

2. Sikap Orang Tua Yang Memaksa

Seorang anak jika dipaksa justru akan menolak secara kejiwaan. Walapun seorang anak mau belajar namun jika itu terpaksa juga akan tidak efekti.

3. Suasana Yang Tidak mendukung

Sering sekali orang tua menyuruh anaknya untuk belajar, namun orang tuanya sendiri asik menonton TV, hal tersebut membuat konsentraasi anak tidak maksimal, bahkan seorang anak akan merasa tidak adil karena didalam tekanan belajar dipihak orang tua malah asik-asik menonton TV.

Bagaimana Mengatasinya?

Berikut cara mengatasi anak yang kurang ataupun anak yang malas dalam belajar:

1. Pahami Keadaan Anak

Sebelum kita menyuruh anak untuk belajar, lihat kondisi anak kita terlebih dahulu, apakah sudah lelah atau masih siap untuk belajar. Jika anak terlihat sudah lelah sebaiknya anak disuruh untuk istirahat terlebih dahulu.

2. Ciptakan Suasana Kondusif

Jika kita menyuruh anak kita untuk belajar, maka kita juga harus mendukungnya yaitu dengan menciptakan suasana yang tenang, memberi ruangan yang nyaman. Dengan suasana seperti ini anak akan lebih rileks untuk belajar.

3. Beri Hadiah

Anak biasanya paling suka dengan namanya hadiah, maka untuk memacu anak untuk rajin belajar kita boleh memberi hadiah kepada anak jika hasil belajarnya atau nilai rapotnya bagus. Dengan memberi hadiah kepada anak jika nilai rapotnya bagus, seorang anak akan terpacu untuk rejin belajar agar nilainya bagus.

Kesimpulanya yaitu bersikaplah adil untuk anak, jangan selalu posisikan anak untuk selalu menuruti apa yang diinginkan orang tua. Karena keadaan anak kita dari waktu ke waktu tidak sama. Pahami dan apresiasi anak kita, maka anakpun akan lebih bisa menerima dengan apa yang kita harapkan.

Tags: #mengapa anak malas belajar #mengatasi anak malas belajar #penyebab anak malas belajar

Tips Aman dari Gempa dan Cara Menyelamatkan diri yang Aman
Tips Aman dari Gempa dan Cara Menyelamatkan diri yang Aman
Tips Aman dari Gempa Berikut ini adalah
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato
Cara Agar Gorenga Tetap Renyah dan Crispy I Krispi
Cara Agar Gorenga Tetap Renyah dan Crispy I Krispi
Edusiana.com-gorengan tetap cripsy. Kadang anda pun ragu
Must read×

Top
×