Jangan Takut dengan Yang Namanya ‘SKRIPSI’, karena ITU simple

Skripsi itu enggak bangetitu mungkin yang ada dibenak hampir semua mahasiswa semester akhir. Tanpa kita sadari pikiran tersebut yang sebenarnya membuat kita terasa sulit untuk mengerjakan skripsi. Bahkan mau memulai saja rasanya sudah berat apalagi kalau sudah mengerjakan.  Skripsi adalah tugas akhir dari perkuliahan yang merupakan syarat untuk dapat lulus kuliah.

Apakah benar skripsi itu seperti yang banyak mahasiswa takuti? Mungkin itu benar jika mahasiswa tidak mempunyai strategi dalam menngerjakan skripsi. Karena mengerjakan skripsi itu tidak cukup hanya pandai saja, namun ada beberapa faktor agar skripsi dapat dikerjakan dengan cepat. Faktor lain dalam mengerjakan skripsi diantaranya:

Persiapan Diri

Mengerjakan skripsi itu bisa dibikin cepat namun juga bisa dibikin mudah, namun hal tersebut perlu persiapan yang serius. jadi, jika kita memang sudah punya niat untuk mengerjakan skripsi dengan cepat, maka tekat harus bulat, kalau perlu buat jadwal untuk waktu mengerjakan skripsinya. Targetkan juga sejauh mana kita akan mengerjakan skripsi tersebut. walaupun kadang target tidak selamanya terpenuhi, namun paling tidak pengerjaan skripsi lebih terarah tidak hanya berdasarkan suasana hati dalam mengerjakan. Agar lebih terarah penentuan judul skripsi juga merupakan hal pertama yang harus dipikirkan, agar kebelakangnya lebih mudah.

Fokus

Kadang mahasiswa kurang fokus tentang materi apa yang mau diangkat menjadi judul skripsi. Gonta-ganti judul karena pengaruh teman lain, dengan harapan bisa mencari materi dan mengerjakan secara bersama-sama. Namun, sebenarnya hal ini yang membuat sesat karena kemampuan kita dengan teman kita tidak sama, tiap orang pasti punya rasa nyaman sendiri-sendiri dengan apa yang akan dikerjana, namun karena pengaruh teman kadang mahasiswa memaksakan diri untuk mengambil tema yang sama. Bahkan anggapan bisa mengerjakan skripsi secara bersama-sama pun merupakan langkah yang salah, akrena tidak selamanya kita harrus mengerjakan secara bersama-sama. dampak buruk dari mengerjakan selalu bersama-sama yaitu harus mencari waktu luang satu sengan yang lain. Yang harusnya sudah bisa mengerjakan sampai bab 2 karena menunggu waktu luang diantara lteman yang lain, waktu akan terbuang sia-sia.

Manfaatkan waktu sekmaksimal mungkin

Dalam mengerjakan skripsi tidak membutuhkan waktu yang lama, selagi semuanya sudah dipersiapkan maka kerjakanlah, kapanpun dan dimanapun. Lama bukanlah patokan hasil skripsi menjadi bagus, walaupun hanya sebentar namun jika kita dapat maksimal dan fokus maka hasil akan lebih baik, sehingga prosentase revisi sangat kecil.

Pahami karakter dosen pembimbing

Setiap dosen pembimbing pasti memiliki karakter yang berbeda-beda. Sebagai mahasiswa jangan sekali-kali membantah apa yang menjadi perintah dosen. Tidak semua dosen bisa terbuka terhadap mahasiswanya, banyak dosen yang beranggapan bahwa dirinyalah yang paling benar, jadi kadang jika kita menyanggah dosen justuru tidak senang. Masalah yang paling parah yaitu jika dosen justru malah mempersulit mahasiswanya.

Tahu hobi dosen merupakan rahasia yang tidak semua mahasiswa pahami, jangan beranggapan dosen tidak memiliki rasa bosan karena dosen juga manusia. kadang dosen juga merasakan jenuh dengan rutinitasnya didalam kampus. Jika kita bisa tahu apa yang menjadi hobi dosen kita bisa sedikit pancing dosen untuk ngobrol dengan tema hobi dosen tersebut. Pura-pura saja tidak tahu dengan hobi dosen tersebut, padahal kita cuma memancing dosen untuk membahas itu. Jika dosen sudah terarah dengan topik pembicaraan hobinya, maka dosen akan sangat senang, bahkan akan merespon dengan lebih, akan lebih terbuka untuk cerita. Hal ini dengan tujuan agar dosen lebih terbuka dan lebih akrab dengan mahasiswa. (Trik ini yang saya gunakan dulu dalam mengerjakan skripsi).

Tinggalkan hal yang tidak berhubungan dengan Skripsi

Sebagai seorang mahasiswa pasti memiliki beribu kegiatan lain diluar kuliah, seperti kegiatan di kos, kegiatan di rumah, kegiatan pekerjaan (jika yang sudah mempunyai kerjaan sampingan). Istilah orang jawa “ngampet” keluar dari kegiatan-kegiatan tersebut, toh nanti setelah kuliah kelar bisa dilanjutkan.

Santai Lama atau Fokus Cepat?

Semua itu pilihan, jika ingin santai ya kemungkinan akan lama, jika fokus maka akan kerja keras yang eksta namun dalam kurun waktu yang cukup singkat. Kalau saya pribadi lebih suka memperpendek masa pengerjaan skripsi “biarlah berkorban untuk diri sendiri ini, dari pada pusingnya dalam jangka panjang, mending dipersingkat”, itu kalau prinsip saya. Harapannya setelah selesai bisa memikirkan hal yang lain diluar skripsi.

Cari teman yang ‘sealiran’

Dengan kita mencari teman yang membahas tema yang sama, keuntunganya kita bisa saling tukar reverensi buku, ataupun buku teori yang di kaji, misalnya sama-sama membahas tentang budaya, bahasa, kesenian, dan masih banyak lainnya. Dalam hal ini sangat disarankan, karena biasanya mencari kajian teori sangatlah menyita waktu. Setiap hunting buku reverensi tidak semua buku yang kita cari bisa kita dapatkan, itu masalahnya.

*Kesimpulan:

Mengerjakan skripsi itu semua tergantung pada diri kita, mau dibuat lama atau cepat, dibikin pusing atau tidak. Asal kita puna niat mengerjakan, jangan tanggung-tanggung. Pintar saja tidak cukup, maka dari itu buatlah strategi dalam mengerjakan skripsi. Setiap mahasiswa harus menentukan strategi apa yang paling tepat untuk dirinya, karena setiap mahasiswa pasti memiliki permasalahan sendiri dalam menyusun skripsi.

Demikian trik / strategi mengerjakan skripsi versi edusiana.com jika ada tambahan atau kritik silahkan usulkan di komentar. Semoga dapat memberi pencerahan kepada teman-teman mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.

Tags: #strategi mengerjakan skripsi #strategi skripsi #tips mengerjakan skripsi

KAWRUH TEMBANG MACAPAT
KAWRUH TEMBANG MACAPAT
KAWRUH TEMBANGMACAPAT Tembang/sekar  inggih menika reriptan utawi
Pasang Tarub lan Bleketepe
Pasang Tarub lan Bleketepe
Upacara Pasang Tarub lan Siraman        Salah
Kumpulan Geguritan SMA Terbaru
Kumpulan Geguritan SMA Terbaru
Edusiana.com – Berikut ini adalah kumpulan geguritan bahasa
Materi Pembelajaran Geguritan
Materi Pembelajaran Geguritan
Materi Pembelajaran Geguritan Bahasa Jawa Geguritan menika
Must read×

Top
×