Kenapa Anak Diajarkan Berpuasa Sejak Dini?

In eduMom
Anak berpuasa

Anak berpuasa

Cara mengajarkan puasa sejak dini sangatlah penting agar anak dapat mengetahui dari awal tentang apa sih itu puasa dan bagaimana menjalankan ibadah puasa. Banyak orang tua yang tidak memperhatikan hal sepele ini dengan anggapan bahwa kelak jika anak sudah dewasa akan mengetahui bagaimana cara puasa.

Memang benar jika orang yang sudah dewasa diwajibkan untuk berpuasa di bulan Ramadan, dan memang benar pula orang dewasa muslim pasti hatu bagaimana cara berpuasa.

Namun anak berpuasa dikenalkan berpuasa sejak dini jauh akan lebih bags daripada anak dibiarkan tahu dengan sendirinya dan tahu dari linggkungan luar mengenai apa itu puasa dan kenapa puasa itu diwajibkan.

Berikut ini Cara mengajarkan anak berpuasa untuk anak, mari kita bahas satu per satu menurut versi edusiana:

Pertama, Kenalkan anak berpuasa sejak balita dapat dilakukan ketika anak sudah dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik dengan orang tua.

Jika memang belum waktunya untuk berpuasa, ajarkan dulu pengertian berpuasa, kenapa orang tuanya berpuasa satu bulan penuh di bulan Ramadan.

Kedua, Jangan Paksakan anak berpuasa jika memang anak belum mau berpuasa, karena anak kecil masih belum mampu menahan lapar, apalagi anak balita.

Jika anak berkisar usia 4 tahun sebenarnya anak sudah dapat diajak untuk belajar berpuasa, mualai dengan tidak makan 4 jam kemudian jika kuat di lanjut puasa hingga setengah hari.

Ketiga, Ajak anak mengikuti kegiatan puasa mulai dari dibangunkan sahur untuk makan bersama dan diajak berbuka pada waktu berbuka secara bersama-sama. (Walaupn anak tidak berpuasa tetap diajak, agar anak tahu kebiasaan berpuasa itu seperti apa).

Keempat, Jika anak mampu berpuasa satu hari penuh silahkan beri hadian kepada anak untuk membuatkan masakan kesukaanya, jangan memberikan hadian berlebihan.

Anak paling suka memakan makanan kesukaaanya, maka dari itu dengan membuatkan makanan kesukaannya anak akan termotivasi untuk melaksanakan puasa dikemdian hari.

Kelima, Ketika berbuka puasa dirumah dengan keluarga disitu ada interaksi anak dan orang tua, pada saat itulah orang tua dapat menerangkan kenapa orang muslim yang sudah baliq harus berpuasa, apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika puasa dan masih banyak lagi yang dapat diajarkan kepada anak untuk berpuasa.

Demikian tips mengajarkan anak berpuasa sejak dini menurut versi edusiana. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua, dan terimakasih telah membaca artikel Kenapa Anak Diajarkan Berpuasa Sejak Dini?

Tags: #anak puasa #cara anak puasa #cara mengajarkan anak berpuasa #cara mengajarkan anak puasa #mengajarkan anak berpuasa #mengajarkan anak puasa #puasa

Tips Aman dari Gempa dan Cara Menyelamatkan diri yang Aman
Tips Aman dari Gempa dan Cara Menyelamatkan diri yang Aman
Tips Aman dari Gempa Berikut ini adalah
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Pengertian Raden Ajeng Kartini dalam Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato Bahasa Jawa
Kumpulan Contoh Teks Sesorah Ibu Kartini Pidato
Cara Agar Gorenga Tetap Renyah dan Crispy I Krispi
Cara Agar Gorenga Tetap Renyah dan Crispy I Krispi
Edusiana.com-gorengan tetap cripsy. Kadang anda pun ragu
Must read×

Top
×