Pelaksanaan Program Induksi Guru Pemula dan Panduannya

In News

Edusiana.com- Asalam, wr, wb. Bapak/Ibu Guru yang saya hormati mengenai pelaksanaan Program Induksi Guru Baru, apa saja yang harus disiapkan, bagaimana proses berlangsungnya program Induksi Guru Baru adalah sebagai berikut:

Proses pelaksanaan Program Induksi Guru Baru dilakukan dalam tahap 9 sampai dengan 12 bulan. Proses pelaksanaan tersebut dilakukan dengan berbagai tahapan yang telah ditentukan oleh dinas. Jika guru telah melakukan program Induksi guru Baru maka nantinya guru tersebut akan mendapatkan sertifikat dari dinas. Namun sertifikat tersebut akan dinyatakan layak sebagai guru profesional dengan nilai minimal B.

Guru Yang Dinyatakan Sebagai Guru Baru

1. Guru baru yang berstatus CPNS yang ditugaskan di sekolah atau madrasah

2. Guru Baru PNS yang merupakan hasil mutasi dari Jabatan lain, dan

3. Guru pemula / baru bukan PNS yang ditugaskan mengajar di sekolah atau Yayasan / Madrasah

Program PIGP ditujukan agar guru baru berstatus CPNS, PNS mutasi maupun guru pemula bukan PNS dapat menjadi guru yang profesional karena telah melalui tahapan observasi, pembimbingan dan pemecahan masalah didalam suatu proses pembelajaran, ataupun pemecahan masalah didalam suatu lingkungan sekolah.

Laporan PIGP

Peserta PIGP pada akhirnya harus membuat suatu laporan mengenai serangkaian kegiatan yang dilakukan selama proses PIGP, yaitu dari obsevasi, pembimbingan dan pemecahan masalah. Laporan ini juga merupakan salah satu dari nilai kegiatan PIGP yang dijalani karena dengan laporan tersebut dapat diukur sejauh mana guru baru mengetahui lingkungan dan pengajaran yang diberikan sampai dengan bagai mana memecahkan suatu masalah baik didalam mengajar maupun lingkungan sekolah.

PIGP yang Telah Pernah dilakukan

PIGP atau Program Induksi Guru Pemula pernah dilakukan pada bulan november 2014 di Bogor dengan peserta guru PNS dan CPNS angkatan 2010 sampai dengan 2013.

Pelaksanaan Program Induksi Guru Pemula

Panduan Program Induksi Guru Pemula atau PIGP yang berupa modul guru pembimbing, kepala sekolah, maupun pengwas sekolah beserta Dasar Hukum Program Induksi Guru Pemula (PIGP) dapat anda ambil disini

Panduan Program Induksi Guru Pemula

NB: Jika adan tidak dapat mengambil file diatas silahkan lapor melalui kolom komentar, maka kami akan segera memperbaikinya.

Nilai Ulangan Video Pawartos
Nilai Ulangan Video Pawartos
    Penting!!! Nilai ini masuk di
Materi Nyerat lan Maos Geguritan
Materi Nyerat lan Maos Geguritan
GEGURITAN Geguritan menika saking tembung gurit ingkang
info gempa pacitan dan madiun
info gempa pacitan dan madiun
Pada tanggal 18 februari 2018 telah terjadi gempa bumi yang berdasarkan info dari bmkg berasal dari Jawa Timur.   Gempa bumi terasa dari madiun dan pacitan.Bahkansampaisiyogyakarta getaranya terasa.
info gempa 18 februari 2018
info gempa 18 februari 2018
Telah terjadi gempa bumi pada tanggal 18 februari 2018 pada pukul 01.50. Untuk lokasi dan seberapa besar belum di ketahui, namun yang jelas terasa sampai di jogja. Update dari bmkg, beriku ini keterangannya. Silahkan di share
Must read×

Top
×