Tips Bisnis Mandiri Untuk Mahasiswa

In Karir

Tips Bisnis Mandiri akan saya sampaikan berdasarkan pengalam dan keadaan yang ada pada saat ini. Sebenarnya bisnis itu tidaklah sesulit yang teman-teman bayangkan. Namun berbisnis akan sangat menjadi sulit jika kita tidak mau memulai dari sekarang. Yang jadi pertanyaan teman-teman pasti apakah dengan berbisnis kita akan kaya dan apakah berbisnis di saat menjalani kuliah tidak akan mengganggu kegiatan kuliah. Jika teman-teman berfikiran seperti itu, maka itu adalah pola pikir yang sempit karena apapun yang kita kerjakan sebenarnya kita sudah tahu apa dan bagaimana kedepannya.

Memang benar tidak semua orang memiliki bakat berbisnis namun bisnis itu bisa dipelajari. Ingat bisnis itu dapat dipelajari, maka tidak ada alasan bahwa anda tidak cocok untuk berbisnis. Yang ada sekarang ini hanyalah mau atau tidak mau melakukannya, jika anda melakukan dari sekarang maka tahun ini atau tahun depan anda akan menjadi orang sukses, tetapi jika anda tidak memulai dari sekarang maka anda tidak akan menjadi apa-apa. Perlu diingat bahwa jika anda tidak memulai dari sekarang berarti kesempatan orang berbisnis yang hanya ada di pikiran anda bisa saja akan dipakai orang lain.

Jika berbicara masalah bisnis apa yang cocok maka jawabannya hanya andalah yang tahu. Karena berbisnis itu tidak bisa jika hanya asal-asalan atau hanya sekedar ikut-ikutan namun tidak ada analisa yang jelas.

Bisnis yang bagus adalah bisnis yang akan anda jalani berdasarkan hobi anda dan berdasarkan kemampuan anda. Saya yakin Tuhan menciptakan Umatnya beserta bakat-bakatnya yang luar biasa. Hanya saja kita kurang sadar atau kurang menggali potensi yang kita memiliki, dan saya rasa itulah kelemahan kebanyakan orang Indonesia. Maka saya sering mengatakan bahwa orang bangsa ini dan pada saat ini sebagian besar orang memiliki mental krisis jati diri.

Berbisnis itu tidak selalu berbiaya atau harus memiliki modal, karena kendala bisnis yang biasa menjadi keluhan mahasiswa yaitu kekurang modal bisnis. Padahal banyak sekali berbisnis yang tidak membutuhkan modal sama sekali. Ambil contoh jika anda mahasiswa bahasa inggri maka anda bisa saja berbisnis menjadi seorang translitor. Anda jangan menganggap jasa translitor itu kacangan, terbukti masih baanyak orang yang membutuhkan jasa translit untuk artikel Inggris. Harganya cukup lumayan yaitu dengan perhitungan kisaran 300 karakter maka harga yang biasa ditawarkan Rp. 15.000. 300 karakter itu jika diketik pada MS Word tidak lebih dari 1 lembar kertas A4. Jika sehari anda dapat menyelesaikan 10 lembar maka anda tinggal mengalikan saja, dan yang paling enak adalah anda tidak perlu keluar kamar atau keluar kos.

Masih banyak sekali peluang bisnis untuk mahasiswa asalkan anda mampu dengan jeli melihat peluang usaha tersebut. Karena mahasiswa itu sangat luwes, dan di area kamus itu pertukaran uang sangatlah cepat karena disana di huni orang-orang yang terlepas dari orang tua, dan berasal dari berbagai daerah. Kalau saya sendiri paling suka memposisikan diri sebagai pebisnis jasa, karena mohon maaf orang kos banyak yang pemalas sehingga kita dapat manfaatkan kelemahan orang-orang yang malas tersebut. Demikian tips berbisnis untuk mahasiswa, semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman, semoga tema-teman menjadi orang yang sukses dalam berbisnis.

Tags: #peluang bisnis mahasiswa #strategi berbisnis mahasiswa #tips berbisnis #Tips bisnis #tips bisnis untuk mahasiswa

Mengapa Manusia Harus Bekerja?
Mengapa Manusia Harus Bekerja?
Mengapa Manusia Harus Bekerja? Kita semua setiap
Lowongan Kerja 3 – 14 November 2015 Semarang
Lowongan Kerja 3 – 14 November 2015 Semarang
Edusiana.com- Berikut ini adalah info lowongan kerja
Pengalaman Mendaftar di Adskeeper
Pengalaman Mendaftar di Adskeeper
Edusiana.com- Ini adalah Pengalaman Mendaftar di Adskeeper yang
Must read×

Top
√ó