Tips Memilih dan Menentukan Judul Skripsi yang Tepat

In Materi

TIPS –  Edusiana.com,  Skripsi adalah tugas akhir dimana setiap mahasiswa untuk dapat lulus dari perkuliahan harus menempuh tugas skripsi. Akhir dari penelitian pada skripsi nantinya akan diujikan kepada dosen penguji, dimana nanti apakah hasil dari penelitian tersebut valid, bermanfaat dan dapat dipertanggung jawabkan sebagai penelitian ilmiah.

Jika ujian memenuhi standar kelulusan maka seorang mahasiswa dapat dinyatakan lulus, namun ada juga ujian skripsi yang dinyatakan lulus dengan catatan ada revisi, bahkan jika nilai atau hasil penelitian tidak cukup maka mahasiswa tersebut dinyatakan tidak lulus. Jika tidak lulus seorang mahasiswa dapat mengulangi penelitian dari awal (dengan catatan tidak lulusnya karena plagiat/menyalahi aturan penelitian ilmiah).

Sebenarnya menyusun skripsi itu tidak sulit, karena dalam meulis skripsi tersebut ada strateginya seperti postingan sebelumnya yang membahas tentang strategi menulis skripsi dengan cepat, jika kita mau berusaha pasti ada jalan (itu pedoman orang yang mau berusaha). Jangan sekali-sekali kita menganggap skripsi itu sulit kemudian berpikiran untuk menggunakan jasa pembuatan skripsi. Jasa pembuatan skripsi saya rasa sia-sia karena walaupun kita mempunyai skripsi namun kita kurang menguasai materi pada skripsi kita, dampaknya akan terasa ketika kita menempuh ujian skripsi, kita tidak bisa menjawab apa yang menjadi pertanyaan dosen penguji.

Berdasarkan masalah di atas, maka akan kita bahas beberapa tips memilih dan menentukan Judul Skripsi yang tepat versi edusiana:

1. REFERENSI

Reverensi menjadi hal paling utama karena agar kita dalam mencari kaljian teori tidak kesulitan khususnya referensi buku. Referensi yang lain yaitu mencari penelitian yang relevan, dengan adanya penelitian yang relevan kita dapat mencari gambaran tentang skripsi yang akan disusun.

2. LOKASI Dan WAKTU

Lokasi dan waktu merupakan hal kedua yang harus dipertimbangkan, karena keterjangkauan lokasi penelitian akan menentukan lama dan cepatnya melakukan pengumpulan data. Jarak dan waktu akan terbuang banyak jika kita tidak tepat dalam menentukan judul skripsi. Ambil saja contoh kasus penelitian budaya, jika kita tidak tepat dalam memilih judul maka harus menyesuaikan waktu atau event budaya tersebut diselengarakan, misalkan kita meneliti tentang sekaten, merti dusun, kirab budaya maka kita dapat mengumpulkan data ketika ada acara tersebut berlangsung. Jika masih lama? mau tidak mau kita harus menunggu hal tersebut, sangat disayangkan waktu terbuang hanya untuk menunggu event budaya tersebut berlangsung.

3. SESUAI KEMAMPUAN

Jangan mengambil judul berdasarkan saran teman, karena judul menurut teman kita mudah namun belum tentu untuk kita mudah. Hal tersebut dikarenakan adanya pengaruh point pertama dan kedua yaitu Referensi yang berbeda, lokasi dan watu yang berbeda. Kondisi tiap mahasiswa berbeda, jadi jangn pernah menganggap sama karena kita akan mengalami kesulitan sendiri nanti jika hal tersebut tidak diperhatikan.

Belum tentu teman yang memberi judul atau akan membantu kita dalam menyusun skripsi, karena memang itu sebenarnya bukan kuajiban orang yang memberi saran judul. Pandangan lain dari sisi waktu juga teman kita tidak selamanya bisa membantu setiap saat.

Demikian tips dari edusiana, semoga dapat bermanfaat, apabila ada kritik dan saran bisa dituliskan pada kolom komentar. Tidak lain hal ini saya tulis agar memberi sedikit gambaran dalam menentukan judul skripsi.

Tags: #bahasa jawa orang meninggal #menentukan judul skripsi #tips memilih judul skripsi #tips skripsi

Tuladha Candraning Manungsa
Tuladha Candraning Manungsa
Candraning Manungsa Ing ngandhap menika salah satunggaling
Materi Nyerat lan Maos Geguritan
Materi Nyerat lan Maos Geguritan
GEGURITAN Geguritan menika saking tembung gurit ingkang
Materi Artikel Bahasa Jawa
Materi Artikel Bahasa Jawa
ARTIKEL Pangertosan Artikel Artikel inggih menika satunggaling
Materi Pembelajaran Wayang
Materi Pembelajaran Wayang
Wayang menika ngadahi teges ingkang maneka warna.
Must read×

Top
×