Tips Memilih Dosen Pembimbing Skripsi Yang Tepat

In Karir

Edusiana.com- Assalamualaikum, wr, wb. Selamat berjumpa lagi dengan edusiana, pada kesempatan ini saya akan membagikan tips memilih dosen pembimbing skripsi yang tepat dan baik. Tujuan dari pemilihan pembimbing skripsi yang tepat yaitu agar hasil skripsi anda dapat sesuai dengan apa yang anda inginkan, baik itu dari segi kualitas maupun dari segi efektivitas.

Hal yang Harus diperhatikan dalam Memilih Dosen Pembimbing Skripsi yaitu terdiri dari dua hal pokok yang sebenarnya sangat mendasar bagi penulis skripsi, nah hal tersebut diataranya:

1. Ingin Cepat Lulus Saja?

2. Ingin Lulus dengan Hasil Skripsi Yang Baik?

Saya yakin setiap orang pasti berbeda-beda tentang cara pandang dan tujuan mengerjakan skripsi, karena saya tahu bahawa tiap orang memiliki integritas yang berbeda-beda, kepentingan berbeda-beda dan pemahaman yang berbeda-beda pula. Untuk itu simak beberapa ulasan mengenai langkah mana yang harus dipilih dan dosen pembimbing seperti apa yang harus dipilih.

Untuk memilih pembimbing skripsi tidaklah semudah memilih baju ditoko kemudian kita bungkus, namun ada kebijakan yang berbeda-beda pada tiap kampus mengenai siapa yang akan menjadi dosen pembimbing skripsi. Namun sedikit tips agar target pembimbing skripsi agar dapat sesuai dengan harapan yaitu dengan cara bertanya kepada senior atau teman yang telah mengerjakan skripsi. Pertanyaan tersebut berkaitan tentang apa yang sedang dia kerjakan, tema apa, menggunakan teori apa.

Kenapa saya menyakrankan bertanya, karena biasanya dosen pembimbing dipilihkan berdasarkan bidang yang benar-benar dikuasainya. Seperti, dosen sastra akan membimbing skripsi temtang sastra, dosen bahasa akan membimbing skripsi tentang bahasa dan dosen pendidikan (PTK) akan membimbing skripsi tentang pendidikan.

Dari pemetaan diatas setidaknya sebagai mahasiswa sudah punya gambaran dosen mana yang kira-kira akan membimbingnya. Jika hal tersebut sudah diketahui kemudian target selanjutnya yaitu memikirkan mau skripsi macam apa yang akan dibuat, apakah asal skripsi yang penting cepat lulus atau skripsi yang berkualitas.

Skripsi Seadanya Yang Peting Cepat Lulus…!!!

Jika memang ada menginginkan skripsi seadanya asalkan cepat lulus, artinya ada menginginkan waktu yang singkat dalam mengerjakan skripsi, maka dosen yang harus anda pilih adalah dosen yang memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Dosen pembimbing Skripsi yang Supel (enak diajak diskusi)
  • Dosen pembimbing Skripsi yang Memperhatikan Mahasiswanya
  • Dosen pembimbing Skripsi yang tidak perfectionist
  • Dosen pembimbing Skripsi yang tidak sibuk (sering mengisi acara / banyak agenda)
  • Dosen pembimbing Skripsi yang sering di kampus

Skripsi Yang Berkualitas

Karena skripsi merupakan tugas akhir yang merupakan syarat terakhir untuk dapat menempuh kelulusan, maka banyak mahasiswa yang ingin mengerjakan skripsinya dengan baik dan maksimal agar hasilnyapun dapat baik. Dengan hasil yang baik (berkualitas) maka nilai dari skripsi akan baik. Hal ini berkaitan dengan nilai IPK karena nilai skripsi cukup mempengaruhi IPK. Maka anda harus memilih dosen yang memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Dosen pembimbing Skripsi yang Master (Ahli dalam bidang yang anda pilih sebagai judul skripsi)
  • Dosen pembimbing Skripsi yang disiplin
  • Dosen pembimbing Skripsi yang memiliki reputasi bagus, teliti, tlaten dan sabar
  • Dosen pembimbing Skripsi yang perfectionist
  • Dosen pembimbing Skripsi yang suka akan hal baru (penelitian yang belum banyak ada/digunakan)
  • Dosen pembimbing Skripsi yang berprestasi

Demikian beberapa tips memilih dosen pembimbing skripsi menurut versi edusiana, semoga dapat membantu teman-teman semua, untuk kirtik dan saran silahkan tuliskan dikolom komentar. Jika sekiranya artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan keteman-teman yang lain dnegan cara pilih tombol share dibawah judul artikel ini.

Mengapa Manusia Harus Bekerja?
Mengapa Manusia Harus Bekerja?
Mengapa Manusia Harus Bekerja? Kita semua setiap
Lowongan Kerja 3 – 14 November 2015 Semarang
Lowongan Kerja 3 – 14 November 2015 Semarang
Edusiana.com- Berikut ini adalah info lowongan kerja
Pengalaman Mendaftar di Adskeeper
Pengalaman Mendaftar di Adskeeper
Edusiana.com- Ini adalah Pengalaman Mendaftar di Adskeeper yang
Must read×

Top
×