Ringkasan Sejarah Tribuana / Tribhuwana

Di Materi 704 views

Tribhuwana, 1328-1350

EDUSIANA.COM- Berikut adalah ringkasan sejarah Kebudayaan Tribuana yang telah kami rangkum:

Dengan tidak adanya pengganti raja dari keturunan Jayanegara, maka seharusnya Gayatri atau Rajapatnilah yang menggantikan memegang pemerintahan.

Namun, sementara itu Gayatri telah meninggalkan keduniawian, kemudian mewakilkan anaknya Bhre Kahuripan dengan gelar Tri bhuwanattunggadewi Jaya Wisnuwardhani.

Dalam tahun 1331 timbulah suatu pemberontakan di Sadeng dan Keta. Pada saat itu Gajah Mada dianggkat menjadi patih karena telah mendampingi raja putrid menindas pemberontakan.

Hasrat Gajah Mada untuk menunjukan pengabdiannya kepada Majapahit, ia berkeinginan Majapahit menjadi kerajaan penguasa nusantara.

Langkah pertama mempersatukan daerah yang belum bernaung di bawah panji-panji majapahit, yaitu tertuju kepada Bali. Untuk pengakuan terhadap kekuasan Majaphit dikekalkan, Gajah Mada menempatkan Adityawarman di Melayu.

Di Sumatra Adityawarman memperluas kekuasaannya sampai ke daerah Pagarruyung (Minangkabau), kemudian mengangkat dirinya sebagai Maharajadhiraja (1347), meskipun terhadap Kejapatni ia masih mengaku mentri terkemuka dan masih sedarah dengan raja putri. Dalam tahun 1350 Raja patri wafat.

Maka Tribhuawanattunggadhewi turun pula dari takhta kerajaan dan menyerahkan kepada anaknya Hayam wuruk, anak hasil perkawinan dengan Krtawarddhana.

Tags: #ringkasan sejarah tribuana #sejarah kebudayaan tribuana #sejarah tribuana

Contoh Naskah Aksara Jawa
Contoh Naskah Aksara Jawa
Berikut ini adalah contoh naskah tembang aksara
Cara Membasi Kutu Tanaman
Cara Membasi Kutu Tanaman
Berikut ini adalah Cara Membasi Kutu Tanaman
Kisi Kisi Penilaian Akhir Semester Bahasa Jawa 2019
Kisi Kisi Penilaian Akhir Semester Bahasa Jawa 2019
Berikut ini kisi kisi penilaian akhir semester
Tuladha Sesorah Perpisahan Sekolah
Tuladha Sesorah Perpisahan Sekolah
Sesorah Pepisahan Saking Wakil Kelas XII Assalamualaikaum
Baca Juga×

Top
×