Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan

Di Karir 255 views
Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan

Berikut ini adalah Cara Menghitung Rangka Atap Baja Ringan bagi teman-teman yang ingin membuat rumah dan ingin memasang sendiri rangka atap baja ringan maka perlu mempelajari dahulu sistem dan prinsip-prinsip memasang rangka atap baja ringan.

Karena yang niatnya mau irit biaya tukang, tetapi kalau salah dalam pemasangannya juga akan berakibat tidak akan tahan lama atau justru bangunan tidak kokoh seperti yang diharapkan.

Jika teman-teman sudah memiliki cukup wawasan dalam memasang rangka baja ringan, maka anda juga harus tahu rumus cara menghitung rangka atap baja ringan.

Rumus menghitung rangka atap baja ringan dapat saya gambarkan sebagai berikut:

Misalkan kita memiliki bangunan 9×9 meter dengan overstrek masing – masing di keepat sisi 1 meter dengan kemiringan 35 derajat maka dapat kita hitung volum rangka atap baja ringan yang dibutuhkan adalah

Panjang Bangunan = 9 + 1 + 1 = 11 m
Lebar Bangunan = 9 + 1 + 1 = 11 m
Derajat Kemiringan = cos 35 = 0.819
Volume = 11 x 11 / 0.819 = 147.7 m2

Jadi hasilnya volume atap tersebut yaitu 147.7 m2

Cara menghitung Kebutuhan Atap Baja Ringan

Seperti rumus diatas, cara menghitung kebutuhan rangka atap baja ringan sangatlah cukup mudah. Anda tidak perlu pusing-pusing memperkirakan yang tidak pasti karena sudah ada rumus yang cukup sederhana.

Selain anda tidak perlu pusing-pusing, anda juga dapat memperkirakan kebutuhan bahan baku baja ringan dengan tepat. Sehingga tidak terjadi pemborosan dalam belanja baja ringan.

Cara menghitung Luas Rangka Atap Baja Ringan

Menghitung luas rangka atap baja ringan saja menurut saya tidak cukup, karena tidak keseluruhannya dapat kita hitung. Tetapi dengan menghitung volum kebutuhan baja ringan kita dapat menentukan kebutuhan bahan baku baja ringan yang akan kita gunakan.

Namun, semua itu tergantung bentuk dan model rangka atap yang akan kita buat, namun pada dasarnya perhitungan yang sesuai pada gambar di atas seperti rumus di atas.

Rumus Menghitung Volume Rangka Atap Baja Ringan

Anda dapat dengan mudah menghitung volume rangka atap baja ringan sesuai yang anda mau. Dengan memperhitungkan rumus diatas maka anda cukup membelanjakan bahan baku baja ringan sesuai dengan perhitungan anda.

Artinya anda dapat menekan biaya bahan baku dalam membuat rangka atap baja ringan yang anda inginkan.

Nah, sekarang teman-teman sudah cukup paham kan, tentang cara menghitung volume rangka atap baja ringan. Demikian yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Rumus Menghitung Kuda- kuda Atap Baja Ringan Lengkap
Rumus Menghitung Kuda- kuda Atap Baja Ringan Lengkap
Rumus Menghitung Kuda- kuda Atap Baja Ringan
Upah pasang rangka atap baja ringan Jogja
Upah pasang rangka atap baja ringan Jogja
Bagi anda yang ingin memasang baja ringan
Rekomendasi Saham Tanggal 19 April 2018
Rekomendasi Saham Tanggal 19 April 2018
Rekomendasi Saham 19 April 2018 Edusiana.com –
Baca Juga×

Top
×